Kamis, 04 Februari 2016

Pipeline Routing Selection

                  Kriteria pemilihan jalur pipa bawah laut yang optimal adalah sebagai berikut:
1.      Memilih rute yang paling aman
Keselamatan merupakan hal yang paling penting dalam setiap pekerjaan. Oleh karena itu yang pertama kali harus dipikirkan dalam pemilihan jalur pipa adalah keamanannya. Pilih jalur dengan resiko dan dampak yang paling minim baik selama pemasangan berlangsung sampai pipa sudah dioperasikan. Pemilihan rute yang paling aman ini bisa didapat dari hasil survey, misalkan apakah jalur yang akan dilalui pipa merupakan lempeng yang dapat bergerak, dan kondisi-kondisi lainnya.
2.      Memilih rute dengan jarak paling pendek
Rute yang paling pendek idealnya adalah suatu garis lurus dari suatu fasilitas ke fasilitas lain, namun hal ini tidak pernah terjadi karena disebabkan hal-hal berikut:
§  Geohazard Risk, seperti aktifitas seismic, scarp, lumpur vulcano, seabed slopes, bangkai kapal, seabed undulation, dan lain sebagainya
§  Ada fasilitas lain yang telah dipasang sebelumnya seperti platform, jalur pipa lain, kabel, wellhead, struktur bawah laut, dan lain sebagainya. Biasanya jarak amannya adalah  500 m.
§  Ada pihak ketiga yang menyebabkan tidak bisanya dilakukan pemasangan, misalkan batas internasional, area penangkapan ikan, jalur pelayran kapal, terdapat sisa-sisa hasil pengerukan, situs arkeologi, area tambatan, area militer, dan lain sebagainyaShore crossing seperti dampak social untuk pemancing, pemakaian lahan, onshore routing, parameter lingkungan (gelombang, arus, erosi, pergerakan pantai, topografi), dan lain sebagainya
§  Ada batasan dalam melakukan pemasangan, seperti pada metode pemasangan, toleransi pemasangan (+/-10m,  lebar corridor 50-100m), kelengkungan minimum pipa, dan lain sebagainya.
§  Pertimbangan lingkungan sekitar, contohnya  seperti kedalaman perairan,
Dengan menggunakan rute paling pendek maka material yang digunakan, tekanan yang hilang, dan resiko pemasangan pun akan minimal.

3.      Memilih rute dimana pemasangan pipa paling mudah dilakukan
Tidak ada gunanya apabila rute yang dipilih pendek dan aman namun pipa tidak bisa dipasang atau sulit dipasang karena satu dan lain hal sehingga menyebabkan tersendatnya proyek atau biaya yang dikeluarkan menjadi besar. Oleh karena itu kemudahan pemasangan menjadi salah satu kriteria dalam pemilihan jalur pipa yang optimal.
4.      Memilih rute dengan biaya paling murah

Setiap individu atau perusahaan pasti menginginkan keuntungan sebesar mungkin dengan pengeluaran seminim mungkin namun dengan hasil seoptimal mungkin. Oleh karena itu biaya termasuk ke dalam kriteria pemilihan jalur yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar